Sempat Langka dan Hampir Punah, Kenalan yuk dengan Buah Pineberry

Agritani. Buah Pineberry

Apa yang berada dalam benak Anda ketika mendengar nama buah “stroberi”? Tentu sudah tidak asing lagi, ya! Buah manis asam ini banyak dikonsumsi dan dibudidayakan masyarakat tanah air. Tak cuma itu, di dalamnya juga terdapat banyak manfaat.

Stroberi atau strawberry juga sering disulap menjadi berbagai olahan jus dan makanan. Identik dengan warnanya yang merah berbintik, tapi pernahkah Anda mendengar stroberi putih? Iya, bukan sembarang stroberi, jenis ini memang ada, lho!

Apa itu Pineberry?

Jenis stroberi putih lebih dikenal dengan nama Pineberry, salah satu buah musiman favorit yang biasanya berkembang di Eropa. Tentu saja, Pineberry masih saudara sepupu dengan stroberi yang biasa Anda makan.

Bedanya hanya terletak pada warna dan rasa. Pineberry mentah akan berwarna hijau, sedangkan saat matang berwarna putih. Terdapat biji-biji hitam di seluruh permukaannya, dimana akan menghitam saat buah matang.

Rasanya? Sesuai namanya, Pineberry ini memiliki keistimewaan tersendiri. Pineberry merupakan perpaduan dari pineapple dan strawberry, sehingga rasanya seperti campuran antara stroberi dan nanas. Wow banget, kan!

Asal-usul Pineberry

Tanaman ini tidak berasal dari negara pengembangnya yakni Eropa, namun berasal dari Amerika Selatan. Warna uniknya tidak menutupi fakta bahwa sebenarnya pineberry termasuk tanaman liar. Pineberry adalah hasil persilangan stroberi liar Amerika Selatan atau Fragaria chiloensis, dengan stroberi asal Amerika Utara. 

Berbeda dari teknik persilangan biasanya, persilangan ini menggunakan persilangan alami.

Biasanya, Pineberry tumbuh di antara semak-semak. Penampilan unik dan rasanya yang enak membuat buah ini disukai banyak orang. Buah ini bahkan diincar setiap musim panen tiba, lho!

Manfaat Pineberry

Tak hanya terkenal akan kelezatannya, pineberry juga memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan asupan serat

Tubuh tentu membutuhkan asupan serat yang cukup agar membuat sistem pencernaan stabil dan sehat. Serat juga baik bagi mengurangi kolesterol dalam tubuh.

  • Sumber nutrisi penting

Kandungan folat tinggi dan vitamin A di dalam pineberry membuat buah ini baik dalam memenuhi nutrisi penting.

  • Mengandung antioksidan tinggi

Antioksidan tinggi dapat membantu proses oksidasi yang rendah dalam tubuh. Proses ini dapat mencegah penyakit serius seperti penyakit kanker dan jantung.

Ingin tubuh fit? Pineberry bisa menjadi pendamping camilan sehat Anda.

Keberadaan Pineberry

Nyatanya, pineberry sempat hampir punah, lho! Keberadaan pineberry di Eropa sendiri memang terdeteksi di tahun 1750, namun sempat langka dan hampir punah beberapa tahun lalu.

Untungnya Hans de Jongh, petani asal Belanda berhasil menemukan dan mengembangkannya di rumah kaca pada tahun 2003. 

Bahkan, setelah proses seleksi, kini telah ditemukan jenis pineberry yang cocok untuk dikembangkan secara komersial untuk dibudidayakan. Pineberry pun berkembang baik di Eropa dan Belize.

Kini,Pineberry telah meluas hingga dipasarkan ke seluruh dunia. Inggris mulai memasarkan buah ini di tahun 2011, sedangkan baru diimpor di tahun 2012. Sedangkan Jerman baru memperkenalkannya di tahun 2013, dan di Australia pada tahun 2016.

Gimana, Anda penasaran dengan rasanya? Pineberry biasanya akan berbuah di musim panas, terutama di bagian Eropa. Itulah sekilas informasi mengenai buah kecil nan unik ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Response