Panduan Lengkap Rancangan Usaha Agribisnis Pertanian Cabai

rancangan usaha agribisnis

5. Mengetahui risiko usaha

Poin terakhir yang tidak kalah pentingnya ialah mengetahui risiko usaha yang akan terjadi.

Resiko usaha merupakan hal-hal yang dapat terjadi terkait risiko atas bisnis yang dijalankan, misalnya risiko operasional, risiko bisnis, risiko likuiditas, risiko keuangan, dan lainnya.

Namun risiko usaha tidak hanya berhenti pada identifikasi risiko yang telah disebutkan tadi, namun bagaimana menghadapi atau mengurangi dampak dari risiko tersebut.

Bahkan Anda juga perlu mengetahui siapa saja pesaing dari bisnis Anda. Setelah mengetahui, Anda harus mengamati perkembangan dari pesaing Anda tersebut.

Itu tadi beberapa langkah membuat perencanaan bisnis yang dapat Anda lakukan.

Sebelum memulai usaha, memang sangat dianjurkan untuk membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu.

Luangkan waktu Anda untuk menulis atau membuat sebuah rencana bisnis.

Selain bermanfaat sebagai pijakan dalam melangkah, perencanaan bisnis yang jelas dan tertulis rapi dalam bentuk tulisan bisa dijadikan sebagai pedoman saat mencari investor.

Selama membuat perencanaan bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti jangan membuat perencanaan bisnis dengan gagasan yang terlalu tinggi, bahkan tujuannya tidak bisa terlihat dengan jelas.

Selain itu, jangan terlalu memikirkan hal-hal non formil dan arus kas. Kebanyakan orang memikirkan laba daripada uang tunai yang digunakan saat itu.

Ketika Anda membayangkan suatu bisnis baru, maka Anda akan berpikir tentang biaya pembuatan produk atau jasa tersebut. Kemudian Anda akan berpikir bagaimana caranya agar bisa menjual produk atau jasa tersebut. Kemudian berapa laba per unit yang akan diperoleh.

Pemahaman mengenai arus kas sangat penting untuk dimengerti. Jangan hanya memikirkan laba, namun pikirkan juga arus kas yang terjadi pada bisnis.

Selamat mencoba membuat perencanaan bisnis, sukses untuk Anda!

2 Comments

Leave a Response