Panduan Lengkap Rancangan Usaha Agribisnis Pertanian Cabai

rancangan usaha agribisnis

a. Pengolahan lahan dan pembenihan

Sebelum menanam benih cabai, media atau tanah yang akan digunakan untuk menanam cabai harus diolah terlebih dahulu. Caranya dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang. Jika tanah terlalu asam, maka bisa ditambahkan dolomit. Selain itu, buat juga bedengan dan mulsa plastik atau mulsa jerami. Setelah lahan atau media siap digunakan, persiapkan benih untuk ditanam. Pilih benih yang sesuai dengan kondisi lahan saat itu.

b. Penyemaian

Sebelum benih cabai ditanam di lahan, sebaiknya lakukan penyamaian terlebih dahulu dengan menggunakan media penyemaian berupa polybag yang diisi campuran kompos dan tanah. Selain itu, tambahkan juga sekam agar tanah menjadi gembur. Setelah media siap, tanam benih di dalamnya. Satu benih untuk satu pot saja. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari. 

c. Penanaman

Penanaman benih cabai merah setelah disemai sebaiknya dilakukan pada waktu pagi atau sore hari. Jangan lakukan penanaman saat matahari sedang terik. Usahakan agar sekali penanaman langsung selesai dalam sehari. Untuk menanan bibit cabai, lepas terlebih dahulu plastik polybag yang membungkus. Beri jarak antar satu tanaman dengan tanaman lain. Kemudian hindarkan cabai merah dari berbagai jenis hama yang mengancam seperti ulat dan bekicot.

d. Perawatan

Sebenarnya perawatan tanaman cabai merah bisa dibilang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya serta tenaga. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air, jadi untuk penyiraman bisa dilakukan apabila tanah sudah terlihat kering. Pemberian pupuk kocor atau cair juga bisa dilakukan seminggu sekali.

e. Pemanenan

Tanaman cabai merah dapat dilakukan setelah 60 sampai 75 hari setelah ditanam. Frekuensi panen cabai merah ini bisa mencapai 30 sampai 40 kali, tergantung jenis cabai yang ditanam. Cara panennya pun cukup mudah, peti k saja cabai yang tidak terlalu tua. Pemetikan disarankan pada saat pagi hari setelah embun mengering agar cabai tidak layu.

Baca : Panduan budidaya cabe keriting.

2 Comments

Leave a Response