Panduan Lengkap Rancangan Usaha Agribisnis Pertanian Cabai

rancangan usaha agribisnis

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah perencanaan bisnis, rancangan usaha atau business plan. Bagi sebagian orang yang sering bergelut pada dunia bisnis, perencanaan bisnis merupakan modal awal yang harus dimiliki. Mudah saja bagi mereka untuk membuat perencanaan bisnis. Namun bagi orang awam, mungkin akan sedikit kesulitan untuk menuangkan ide bisnis yang dimaksud dalam kata-kata. Nah, dalam tulisan ini kita akan membahas tentang rancangan usaha agribisnis khususnya untuk pertanian cabai.

Membuat rancangan usaha. pixabay.com

Namun sebelum lanjut, kita gali apa itu sebenarnya perencanaan bisnis atau business plan? Dalam sebuah bisnis, perencanaan bisnis merupakan pernyataan formal dan tertulis yang berisi mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis serta cara-cara yang harus dilakukan agar bisa mencapai tujuan tersebut.

Mengapa perencanaan bisnis begitu penting dibuat? Banyak orang mengatakan bahwa hal terpenting dalam sebuah bisnis ialah ‘harus jalan’. Tidak perlu melakukan hal-hal yang rumit terlebih dahulu, yang penting jalan dulu saja.

Hal ini sebenarnya memang tidak salah.

Membuat perencanaan bisnis memang tidak pasti membuat sebuah bisnis akan sukses. Tidak ada yang bisa menjamin. Bahkan modal yang sangat besar pun tidak bisa menjamin.

Pembuatan perencanaan bisnis memiliki beberapa manfaat yang bisa didapat oleh seorang pengusaha, antara lain membuat kejelasan mengenai bisnis yang akan dikerjakan,

menggali pemikiran awal atau ide,

mendapatkan penjelasan detail mengenai pasar,

mengetahui cara memasarkan bisnis,

mengenal struktur perusahaan,

mengetahui strategi sebuah bisnis,

membuat perhitungan bisnis,

mengenal pesaing,

hingga mempertajam sistem operasional.

 Setelah memahami apa saja manfaat pembuatan perencanaan bisnis, selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja yang perlu ditulis atau harus ada dalam sebuah perencanaan bisnis.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengambil contoh perencanaan bisnis tentang agribisnis cabai.

5-tahap

Leave a Response