Mengenal Lebih Jauh Tentang Cabai Pelangi (Ornamental Pepper)

Bagi Anda yang mengaku gemar bertani, tentu cabai menjadi salah satu tanaman yang kerap ditanam. Cabai merupakan buah dan tumbuhan yang menjadi anggota dari genus Capsicum. Buah dari cabai bisa digolongkan menjadi sayuran atau bumbu, hal ini tergantung bagaimana cabai tersebut dipakai. Salah satu jenis cabai yang sering digunakan ialah cabai pelangi atau ornamental pepper. Cabai ini juga memiliki nama lain seperti bolivian rainbow pepper dan cabai otnamental bianglala.

Lalu apa itu sebenarnya cabai pelangi? Mungkin selama ini Anda pernah melihat cabai berwarna merah, hijau, kuning, atau mirip pelangi karena warnanya bermacam-macam. Banyak yang menyebut bahwa cabai warna-warni tersebut cabai rawit yang bisa dimakan bersama gorengan. Cabai ini berasal dari Amerika Selatan. Namun ada juga yang mengatakan bahwa cabai ini berasal dari Brasil. Berbicara asalnya, cabai ini merupakan hasil perkawinan silang dari beberapa jenis cabai. Bahkan jenis cabai ini juga lazim digunakan sebagai tanaman hias.

Bolivian rainbow pepper ini memiliki kepedasan maksimal 30.000 SHU. Apabila dibandingkan dengan cabai rawit berwarna hijau yang berada di pasaran, dengan 50.000 – 100.000 SHU, tentu masih kalah pedas. Sehingga cabai ini lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias, walau sebenarnya dikonsumsi juga bisa. Cabai pelangi bukanlah tumbuhan yang dapat tumbuh tinggi dan besar. Tingginya hanya bisa mencapai 50 cm, sehingga apabila Anda tidak memiliki lahan yang luas, Anda bisa tetap menanamnya di teras rumah dengan media pot karena tidak akan memakan banyak tempat.

Tumbuh selama berabad-abad di Bolivia (Central South America), cabai Bolivia Rainbow merupakan tanaman cabai yang cantic dan cocok digunakan sebagai hiasan. Warna cabai berubah mulai dari warna ungu, kemudian menjadi kuning, menuju ke oranye, dan akhirnya ketika masak berwarna merah. Semua tahapan warna itu terjadi dalam satu rentetan, sesuai dengan tingkat kematangan cabe. Sehingga, ketika dalam satu pohon cabe Bolivia Rainbow mempunyai banyak buah yang tingkat kematangannya berbeda-beda, maka tanaman tersebut akanterlihat cantik dan berwarna warni layaknya pelangi.

Cabai ini dapat tumbuh didalam ruangan dan akan menghasilkan buah terus menerus sepanjang tahun. Apabila tumbuh di luar, mereka membutuhkan iklim yang hangat. Cabai ini berukuran kecil, sekitar satu inci (2,5 cm) dan berbentuk seperti kerucut, dan tumbuh tegak keatas. Ditambah lagi dengan warna daun dan bunganya yang berwarna ungu, membuat Cabe Bolivia Rainbow ini semakin unik dan menarik.

Leave a Response