Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya

tanaman obat

Perlu diketahui bahwa tanaman yang memiliki nama latin Strobilanthes crispa ini memang telah terkenal di kalangan para ahli herbal. Tanaman ini banyak tumbuh di pekarangan rumah. Bisa dibilang bahwa hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Di dalam kaun keji beling terdapat banyak kandungan zat penting, seperti natrium, fosfor, kalium, dan kalsium. Bagian akarnya mengandung flavonoid dan polifenol, sedangkan bagian batang mengandung tannin dan saponin.

Tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal beberapa penyakit, seperti liver, batu ginjal, diare, diabetes, kencing manis, dan kencing batu. Tak hanya itu saja, keji beling juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol, melancarkan buang air kecil, mengatasi sembelit, mencegah tumor, sebagai obat wasir, obat sakit kuning, dan mengobati maag.

Anda bisa membuat ramuan dari keji beling untuk mengobati penyakit batu empedu. Ada dua jenis resep yang bisa dicoba. Resep pertama membutuhkan beberapa bahan seperti 7 lembar daun keji beling, 25 lembar daun kumis kucing, 3 batang meniran, dan ½ genggam rambut jagung. Sedangkan untuk resep kedua membutuhkan beberapa bahan seperti 11 lembar daun sendokan, 25 lembar daun kumis kucing, 5 lembar daun keji beling, dan 5 lembar daun wungu.

Cara meramunya pun cukup mudah. Setelah seluruh bahan dicuci, Anda bisa merebus dengan menggunakan 4 gelas air bersih. Kemudian biarkan hingga mendidih dan air hanya tersisa 3 sebanyak gelas. Air rebusan tersebut sebaiknya diminum setiap selesai makan masing-masing sebanyak ½ gelas selama sebulan.

Itu tadi beberapa tanaman obat di sekitar kita yang dapat membantu pengobatan beragam penyakit secara tradisional. Selain lebih hemat secara finansial, penggunaan tanaman obat ini juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

 

2 Comments

Leave a Response