Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya

tanaman obat

Tanaman yang mempunyai nama latin Orthosiphon aristatus ini sudah tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat Indonesia. Bisa dibilang tanaman ini cukup ampuh dijadikan sebagai ramuan herbal. Kumis kucing mengandung beberapa zat yang berguna bagi kesehatan, antara lain garam kalium, glikosida orthosiphonim, mioinositol, minyak atsiri, saponin, sapofonin, sinensetis, dan zat samak.

Beberapa manfaat dari tanaman ini antara lain membantu pengeluaran air kemih, mengobati batuk, mengobati sembelit, mengobati diabetes, mengobati gatal-gatal karena alergi, mengobati rematik, mengobati batuk, mengatasi masuk angin, mengobati asam urat, mengobati keputihan, mengobati kencing batu, mengobati sakit pinggang, dan mengobati hipertensi.

Manfaat utama dari tanaman ini ialah sebagai obat kencing batu. Tanaman ini bisa membantu meluruhkan kencing batu sehingga saluran kemih akan lebih lancar. Dengan nama latin Orthosiphon aristatus, tanaman ini bisa dijadikan ramuan untuk memperlancar pengeluaran air kemih.

Beberapa bahan yang diperlukan antara lain kumis kucing sebanyak 30 gram, akar alang-alang sebanyak 30 gram, dan meniran sekitar 30 gram. Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama, campurkan seluruh bahan tersebut. Kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih. Minum seluruh air rebusan dalam sehari. Bisa juga dengan melakukan alternatif lain. Pertama, siapkan daun kumis kucing sebanyak 3 genggam dan daun keji beling sebanyak 5 helai yang sudah dicuci. Rebus kedua bahan tersebut dengan dua gelas air sampai mendidih. Lalu minum airnya sebanyak 2 kali dalam sehari, setiap pagi dan sore selama 10 hari. Setelah 10 hari berlalu, sebaiknya ganti ramuan tersebut dengan menggunakan air rebusan jagung muda yang harus diminum sekali dalam sehari.

7. Keji Beling

2 Comments

Leave a Response