Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya

tanaman obat

Tanaman obat ini sebenarnya sudah dikenal oleh banyak orang, namun sayangnya hanya sedikit yang memahami bahwa tanaman ini bermanfaat sebagai obat. Daun beluntas memiliki banyak cabang dan daun yang sering dijadikan sebagai pagar taman. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Pluchea indica L. Less ini merupakan tanaman semak yang berkayu. Jika dilihat dari ciri-ciri dan karakteristiknya, daun beluntas memiliki daun yang agak kasar, bergerigi, dan bau harum yang khas.

Fungsinya secara umum digunakan untuk pagar di rumah-rumah, campuran makanan, dan obat herbal. Jika dilihat dari daunnya, daun beluntas mengandung tannin, alkaloid, kalsium, natrium, minyak atsiri, fosfor, magnesium, dan flafonoida. Sedangkan untuk akar tanaman beluntas biasanya mengandung tannin dan flafonoida.

Apabila dilihat dari fungsinya, daun beluntas memiliki beberapa fungsi seperti sebagai antibakteri, mengobati penyakit keputihan, melancarkan haid, menghilangkan bau badan, menghilangkan bau mulut, meluruhkan keringat, hipertensi, mengobati rematik, mengatasi perut kembung, meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meredakan demam, mengobati pegal linu, menghilangkan jerawat, mengatasi diare, mengobati meningitis, hingga melancarkan pencernaan.

Apabila Anda ingin meracik daun beluntas, Anda perlu mempersiapkan daun beluntas sebanyak 3 hingga 5 helai. Kemudian cuci daun beluntas dengan menggunakan air hingga benar-benar bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih. Tunggu sampai mendidih sampai tersisa menjadi 1 gelas. Angkat dan diamkan hingga hangat, lalu minum secara putin pada pagi dan sore hari. Bisa juga dijadikan sebagai lalapan agar bisa menghilangkan bau badan. Apabila ingin dijadikan lalapan, Anda perlu mempersiapkan batang dan daun beluntas yang telah dicuci bersih. Kemudian tambahkan rumput laut, lalu dimasak dengan model tim sampai menjadi lunak, hidangkan untuk dimakan.

6. Kumis Kucing

2 Comments

Leave a Response