Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya

tanaman obat

Perlu diketahui bahwa sejak dulu daun jarak telah dipakai sebagai obat herbal tradisional. Sehingga tidak heran apabila tanaman ini termasuk dalam apotek hidup. Anda bisa memanfaatkan beberapa bagian dari daun jarak untuk pengobatan, seperti buah, daun, dan biji jarak yang dipercaya masyarakat dapat mengobati berbagai penyakit. Tanaman yang memiliki nama latin Ricinus communis ini mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti flavonoid, saponin, jatrophie, kaemfesterol, sitosterol, stigmasterol, amirin, teraksrol, nitrogen, fosfat, kalium, tanin, malam, resin, dan saponin.

Sedangkan manfaatnya bagi kesehatan juga cukup banyak, seperti mengobati sariawan, mengobati sakit gigi, mengobati luka, mengobati keputihan pada mulut bayi, mengobati radang telinga, mengatasi sembelit, mengatasi ketombe, menyuburkan rambut, mengencangkan payudara, memperbesar alat kelamin, hingga mengobati rematik. Tak hanya itu saja, daun jarak juga bisa mengobati gatal-gatal, jamur pada kulit, luka berdarah, rematik, hingga bengkak karena luka. Menariknya lagi, daun jarak juga bisa mengobati perut kembung yang biasanya terjadi pada anak-anak.

Apabila Anda ingin menggunakan daun jarak sebagai obat gatal-gatal, Anda bisa merebus beberapa lembar daun jarak hingga air mendidih. Setelah itu, tuangkan air rebusan daun jarak pada ember yang telah berisi air dingin. Campurkan hingga menjadi suam kuku. Air yang telah menjadi hangat suam-suam kuku tadi gunakan untuk mandi. Sebaiknya lakukan cara ini setiap pagi dan sore agar gatal di kulit cepat menghilang.

5. Daun Beluntas

2 Comments

Leave a Response