Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya

tanaman obat

Belimbing wuluh merupakan tanaman yang biasa dikenal dengan sebutan belimbing sayur karena memang sering dipakai sebagai bumbu masakan demi memberikan rasa asam yang begitu kuat. Tanaman yang mempunyai nama latin Averrhoa bilimbi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Beberapa bagian belimbing wuluh yang bisa dipakai sebagai obat antara lain daun, bunga, buah, dan batang.

Kandungan-kandungan yang terdapat pada belimbing wuluh antara lain 32 kal energi; 7 gram karbohidrat; 0,4 g protein; 52 mg vitamin C; 10 mg kalsium; 10 mg fosfor; dan 1,0 mg zat besi. Jika berbicara mengenai manfaatnya, belimbing wuluh memiliki beberapa manfaat seperti mengobati rematik, gusi berdarah, gondongan, sariawan, hingga pegal linu. Selain itu, belimbing wuluh juga bisa mengobati diabetes, hipertensi, batuk kering, sesak nafas, dan panu.

Apabila ingin menggunakan belimbing wuluh sebagai obat tradisional, Anda bisa membuat racikannya. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bunga belimbing wuluh, air, dan gula batu. Sedangkan cara membuatnya, pertama rebus daun belimbing wuluh tersebut sambil dicampurkan dengan air gula maupun air batu. Kemudian tunggu hingga benar-benar matang, lalu saring. Minum air rebusan hangat tersebut sebanyak 2-3 kali sehari.

3. Lidah Buaya

2 Comments

Leave a Response