Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Obat dan Khasiatnya

tanaman obat

Tanaman obat yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi didengar. Temulawak merupakan tanaman rempah yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Nama latin dari temulawak ialah Curcuma zanthorrhiza. Bagian-bagian temulawak yang sering dimanfaatkan ialah bagian akar atau rimpang. Biasanya bagian ini sering diolah menjadi obat dari berbagai penyakit. Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam rimpang temulawark, antara lain minyak atsiri, glukosida, kamfer, foluymetik karbinol, kurkuminoid, fellandrean, dan turmerol atau minyak menguap.

Beberapa manfaat temulawak antara lain mengatasi gangguan ginjal, menyehatkan jantung, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengurangi radang sendi, mengatasi masalah pencernaan, membantu menurunkan lemak darah, dan melawan kanker. Sedangkan untuk pengobatan tradisional, temulawak bermanfaat untuk menyembuhkan hepatitis, meredakan derita asma, pengobatan sakit ginjal, menyembuhkan bisul, mengatasi mual, hingga menguragi kelelahan otot. Bahkan temulawak juga berperan di dalam berbagai bidang kesehatan seperti mencegah darah kotor, sebagai antioksidan, obat jerawat dan komedo, melancarkan haid, membersihkan wajah, mencegah insomnia, dan meningkatkan nafsu makan.

Khasiat dari tanaman ini tentu akan semakin terasa apabila dikombinasikan dengan tanaman obat lainnya. Untuk membuat ramuan temulawak, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini. Namun sebelumnya persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, seperti 10 lembar daun ungu yang telah diremas-remas, 1 jari rimpang temulawak yang sudah diiris-iris, dan 1 gelas air putih.

Kemudian untuk membuatnya, Anda bisa membersihkan rimpang temulawak dengan daun ungu sampai bersih. Lalu masukkan kedua bahan tersebut ke dalam panci kecil yang telah berisi air. Rebus kedua bahan hingga mendidih, lalu angkat dan dinginkan. Saring rebusan tadi, kemudian minum ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari secara rutin sebanyak setengah kelas. Anda bisa melakukan pengobatan dengan ramuan temulawak hingga kondisi kesehatan pulih kembali.

2. Belimbing Wuluh

2 Comments

Leave a Response