Beranda Agribisnis

Tips untuk Menjadi Petani Sukses

2905
0
BERBAGI

Apa sih trik menjadi petani sukses? Hingga saat ini, Indonesia memang telah dikenal sebagai negara agraris yang mampu menghasilkan berbagai rempah-rempah. Bahkan bisa dibilang bahwa penduduk Indonesia yang bermata pencaharian sebagai petani juga cukup banyak. Banyak penduduk Indonesia yang menjalankan profesi ini karena kondisi alam di Indonesia yang memang sangat menunjang.

Tanah yang ada di tanah air kita ini cukup subur, kemudian iklim yang ada di Indonesia juga mendukung tumbuhnya berbagai macam tanaman. Namun sayangnya profesi petani di era yang semakin modern ini semakin dipandang sebelah mata. Mungkin ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi, seperti masalah penghasilan yang dianggap tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari serta lahan pekerjaan yang dianggap kotor.

Seorang petani memang harus sabar menunggu selama berbulan-bulan untuk panen tanaman musiman, kemudian baru bisa mendapatkan penghasilan. Bisa dibilang profesi petani sebagian besar didominasi oleh masyarakat menengah ke bawah. Mirisnya lagi, kebutuhan pokok di Indonesia malah lebih banyak impor dari luar negeri.

kiat menjadi petani sukses
Kiat menjadi petani sukses. Sumber: tabloidsahabatpetani.com

Jika sudah seperti ini, apa yang harus dilakukan seorang petani? Seharusnya petani mendapatkan bimbingan agar bisa lebih sukses. Berikut ini merupakan beberapa kiat menjadi petani sukses yang bisa dilakukan.

Memahami seluk beluk pertanian

kiat menjadi petani sukses
Seorang petani harus mengetahui dasar-dasar dalam bertani. Sumber: www.spi,or,id

Hal pertama yang harus dimiliki calon petani sukses ialah ilmu mengenai pertanian. Tidak harus benar-benar ahli, namun paling tidak Anda memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Sebenarnya ilmu pertanian tidak hanya bisa didapatkan dari bangku sekolah saja. Namun juga bisa didapatkan secara otodidak, misalnya dengan cara belajar, sharing bersama petani lainnya, ataupun langsung terjun lapangan.

Saat ini juga tersedia banyak buku, video tutorial, hingga berbagai informasi di internet mengenai pertanian yang bisa dipelajari. Jadi jangan ada rasa malas untuk belajar jika ingin menjadi petani yang sukses.

Menyiapkan modal

kiat menjadi petani sukses
Untuk memulai bertani diperlukan modal usaha. Sumber: agenpupukorganik.wordpress.com

Setelah memiliki niat dan kemauan yang kuat, hal lain yang dibutuhkan ialah modal secukupnya. Mengapa hal ini begitu penting? Modal akan memudahkan kita untuk membeli berbagai kebutuhan pertanian yang diperlukan, seperti membeli lahan, membeli berbagai pupuk, hingga membayar pekerja yang akan menggarap lahan milik kita.

Mungkin bagi Anda yang tidak memiliki cukup modal, tentu akan merasa sulit untuk memulai bertani. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal, namun tentunya harus disertai dengan tekad dan usaha yang maksimal.

Pertama, kalaupun belum memiliki modal, bisa menjalin kerja sama dengan petani ataupun rekan yang ingin terjun dalam pertanian. Anda sebagai pengelola, rekan Anda sebagai investor, tergantung kesepakatan. Dalam hal ini, modal satu-satunya yang harus disiapkan adalah keterampilan budidaya pertanian.

Kemudian, Anda bisa meminjam modal usaha di bank, keluarga, teman, atau rekan bisnis. Saat ini beberapa bank memang telah menyediakan pinjaman modal kepada bertani untuk bercocok tanam. Anda bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

Mempersiapkan lahan

kiat menjadi petani sukses
Setelah modal, petani harus memiliki lahan. Sumber: blog.umy.ac.id

Setelah memiliki modal, Anda harus segera membeli sebidang tanah. Lahan sangat esensi. Lahan sempit bisa, lahan besar apalagi.

Lahan milik sendiri akan berdampak lebih baik untuk perkembangan bisnis Anda. Namun jika modal yang Anda miliki belum cukup, Anda bisa menyewanya dulu. Cari lahan yang memiliki tanah subur, bukan lahan yang memiliki tanah kering dan tandus.

Mempunyai niat dan kemauan yang kuat

kiat menjadi petani sukses
Tanpa niat dan kemauan yang kuat, petani tidak akan bisa sukses. Sumber: indonesiapanen.com

Hal terakhir yang harus dimiliki seorang calon petani sukses ialah niat dan kemauan yang kuat di dalam diri. Sebab tanpa hal ini, semaunya akan sia-sia belaka. Terlebih lagi kesabaran Anda juga akan diuji selama menjalankan proses bertani. Tidak ada kemudahan yang akan Anda dapat, mulai dari mencari modal hingga melakukan proses penanaman. Tentu semua memiliki kesulitan dan risiko yang harus dihadapi.

Itu tadi beberapa kiat menjadi petani sukses yang bisa Anda terapkan sebelum mulai terjun ke bisnis yang satu ini. Namun jika ingin menjadi seorang petani yang sukses, tentu tidak berhenti di situ saja. Anda juga perlu meniru kiat-kiat yang dilakukan oleh petani-petani yang telah sukses selama ini.

Harry Stine, seorang miliarder asal Adel, Lowa, Amerika Serikat, memiliki kekayaan sejumlah US$3 milliar berkat revolusi pada industri pertanian yang ia lakukan. Padahal pria ini berasal dari keluarga petani yang miskin.

Stine merupakan pemilik dari Stine Seed, sebuah perusahaan penyedia bibit unggul pertanian terbesar di dunia saat ini. Bahkan perusahaan yang satu ini telah mengembangkan bibit-bibit unggul produk pertanian yang paling dibutuhkan di dunia. Ia memiliki beberapa kiat menjadi petani sukses yang mungkin bisa Anda tiru.

Mempraktekkan teori

kiat menjadi petani sukses
Teori harus dipraktekkan dalam bisnis. Sumber: www.123rf.com

Walaupun berasal dari keluarga miskin, Stine merupakan lulusan McPherson College, sebuah sekolah seni kecil yang berada di Kansas. Tentu saja jurusannya memang melenceng dengan bidang usaha yang ia tekuni saat ini. Ia tidak menggunakan ilmu yang telah didapatkan di bangku pendidikan untuk bisnis.

Namun ternyata Stine sering mengikuti berbagai macam pelatihan seputar yang berguna bagi perkembangan bisnisnya. Tidak hanya ilmu mengenai pertanian saja, ia menerapkan ilmu hukum bisnis yang didapatkan dari pelatihan.

Stine menjadi orang pertama di bisnis pertanian yang mematenkan temuan bibit unggulnya.

Ia benar-benar mempraktekkan teori yang berguna bagi perkembangan bisnisnya.

Mencintai pekerjaannya

kiat menjadi petani sukses
Tanamkan rasa cinta kepada pekerjaan. Sumber: linkedin.com

Anda tidak akan pernah berhasil apabila Anda tidak mencintai apa yang Anda kerjakan. Stine selalu tiba di kantor pada pukul 06.15 setiap hari. Bahkan ia juga tidak pernah absen ke kantor, ia juga bekerja selama berjam-jam.

Lalu apa hasilnya? Perusahaan milik Stine berhasil bersaing dengan beberapa perusahaan besar seperti DuPont, Monsanto MON, dan Syngenta.

Mempunyai jiwa seorang pengusaha

kiat menjadi petani sukses
Seorang petani juga harus memiliki jiwa pengusaha. Sumber: www.entreprenurship.com

Stine menyadari bahwa seseorang akan berhasil apabila ia bisa menjadi seorang pengusaha yang memang mempunyai passion atau kecenderungan pada bidang tersebut. Keyakinan tersebut bisa muncul secara alami dalam diri pada Stine. Tentu saja calon petani yang sukses juga harus memiliki jiwa seperti ini.

Mampu beradaptasi dengan baik

kiat menjadi petani sukses
Pengusaha harus bisa beradaptasi dengan perubahan. Sumber: www.123rf.com

Setiap bisnis atau industri yang dikembangkan tentu akan selalu berubah-ubah. Seorang pengusaha harus bisa beradaptasi dengan baik terhadap setiap perubahan yang terjadi agar bisa terus bergerak maju. Apabila tidak, tentu saja pengusaha tersebur harus bersiap untuk gulung tikar.

Stine terus meneliti bibit yang telah ia temukan, bahkan ia juga terus berinovasi dan meningkatkan jaringan ritel pemasarannya. Tak hanya itu saja, Stine membangun laboratorium bioteknologi yang kompetitif.

Bisa bernegosiasi dengan baik

kiat menjadi petani sukses
Kemampuan bernegosiasi dengan banyak orang. Sumber: incedogroup.com

Menurut Stine, kemampuan yang satu ini ternyata merupakan salah satu kunci sukses bagi setiap pengusaha. Seorang pengusaha harus bisa bernegosiasi dengan baik saat melakukan kesepakatan, bahkan mampu mengendalikan emosinya.

Tidak membuat alasan

kiat menjadi petani sukses
Seorang petani sukses harus pantang menyerah. Sumber: www.annemariecross.com

Ternyata perjuangan yang dilalui Stine benar-benar dari bawah dan penuh perjuangan. Saat berusia muda, Stine harus berjuang keras untuk sekolah karena dia menderita autis. Bahkan ia juga sempat didiagnosa menderita penyakit high-functioning autism. Namun Stine tidak pernah menaruh belas kasihan pada dirinya sendiri. Ia tidak menggunakan alasan-alasan yang bisa menjatuhkan mentalnya dalam berbisnis.

Memperlakukan karyawan sebaik mungkin

kiat menjadi petani sukses
Seorang pengusaha sukses harus bisa menyejahterakan karyawannya. Sumber: support.bajajallianz.com

Mungkin tidak semua bos bisa melakukan hal ini. Tentu jika Anda ingin menjadi seorang petani sukses, Anda harus mampu melakukan hal ini agar bisa seperti Stine. Ia memberikan bonus tahunan pada setiap karyawan sebesar US$1.000. Bahkan pada saat natal ia memberikan tambahan bonus sebesar US$1 per jam pada gaji karyawannya. Stine bersikap sangat dermawan kepada karyawannya.

Beberapa kiat menjadi petani sukses yang diberikan Harry Stine di atas bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian Anda menjadi seorang petani yang sukses. Tidak ada yang tidak mungkin bukan? Semuanya tergantung pada diri Anda sendiri. Selamat berjuang!

Silahkan baca : Kisah sukses Bambang Sumadji dengan omset 50 Miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here