Indonesia Optimis, Anak Bangsa Hasilkan 55 Produk Ristek dan Inovasi untuk Melawan Covid-19

share on:
Presiden luncurkan produk penanganan Covid-19

Sebanyak 55 produk konsorsium hasil riset dan inovasi diluncurkan Joko Widodo dalam peluncuran bertajuk “Kebangkitan Inovasi Indonesia.” Produk anak bangsa ini diupayakan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dari sejumlah produk tersebut terdapat 9 produk unggulan antara lain RT-PCR test kit, rapid diagnostics test IgG/IgMergency ventilator, imunomodulator, terapi plasma convalescent, unit laboratorium bergerak dengan biosafety level (BSL) 2, kecerdasan buatan pendeteksi Covid-19 dari hasil sinar-X, robot medis dan penyinaran UV, serta air purifying resiptor.

“Kita patut berbangga karena dari tangan anak-anak bangsa kita mampu menghasilkan karya-karya yang sangat dibutuhkan,” kata Joko Widodo saat melihat produk-produk unggulan tersebut.

Presiden berharap agar hasil karya ini tidak berhenti di laboratorium dan berupa purwarupa saja, tapi harus berbuah dan kemudian diproduksi massal untuk memenuhi kebutuhan Indonesia bahkan mancanegara.

Untuk itu Presiden menghimbau adanya kerja sama antar lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, dunia usaha dan industri, serta masyarakat dalam upaya mewujudkannya.

“Sudah saatnya dunia industri harus berani berinvestasi, sudah saatnya masyarakat juga meulai mencintai produk-produk dalam negeri, dan kita harus bangga buatan Indonesia. Ktia harus terus-menerus memperbaiki ekosistem yang kondusif. Ekosistem bagi tumbuh dan berkembangnya inovasi dan industrialisasi serta mentalitas bangga kepada produk dalam negeri,” pungkasnya.

Leave a Response