Cerita Sukses Petani Lengkuas yang Layak Dijadikan Inspirasi

cerita sukses agritani

Adi pun sudah berhasil menembus pasar ekspor luar negeri seperti Jerman dan Belanda. Waktu itu dia ekspor kencur dari kelompok tani bentukannya. Pada musim panen di pertengahan tahun ini, Adi menargetkan bisa meraup omzet hingga Rp 750 juta. Ini karena luas lahan Adi sudah bertambah dari 5 ha menjadi 11,5 ha.

Tahun 2014 merupakan tahun keberuntungan baginya. Sebab, pada tahun kemarin dia bisa memperluas total lahan yang dikelola menjadi 11,5 ha.  Sekitar 70% lahan ditanami lengkuas, sisanya ditanami tanaman kencur dan kunyit. Pada pertengahan tahun 2015, bisnis Adi juga merambah pada komoditas jahe. Tanaman ini memerlukan modal cukup besar. Untuk satu ha itu menghabiskan dana Rp 70 juta−Rp 80 juta. Lewat usahanya ini, Adi pantas berbangga diri karena dia mampu membiayai kuliah sendiri sejak semester empat. Adi pun tetap bisa lulus kuliah tepat waktu. Bagaimana, tertarik mengikuti jejak Adi?

2 Comments

  1. Saya Askur dari cianjur, petani rempah sereh, koneng dan jahe.
    Bisa dibantu kontak kang adi.
    Saya kesulitan cari market.

    Ini kontak saya: 087708423501

  2. Bsa minta no Tlp mas Adi pramudia ga mas,,,saya mau sharing soalnya saya pya kebun lengkuas kurang lebih satu ha,,,tapi saya blm pya pembeli dan cara panen serta pembayaran upah panen nya mas,,,siapa tau mas pya solusi untuk saya mas Adi,,,terima kasih mas

Leave a Response