Cerita Sukses Petani Lengkuas yang Layak Dijadikan Inspirasi

cerita sukses agritani

Bagi Adi, dalam menjalankan usaha, seseorang harus berani untuk bersikap fokus. Artinya, jangan mudah untuk berganti-ganti usaha hanya karena usaha yang dijalankan belum mampu memberikan hasil yang diharapkan. Karena dengan berganti-ganti usaha, akan membuat seseorang memulai usaha dari awal lagi. Dan hal ini menjadikan waktu yang ada terbuang sia-sia.

Dan dari hasil usahanya yang fokus di bidang pertanian, kini Adi Pramudya berhasil mengembangkan usaha budidaya rempah-rempah. Ada tiga jenis tanaman yang dikembangkannya, yaitu Lengkuas, Kunyit dan Kencur. Setiap jenis tanaman, bisa menghasilkan 35 hingga 40 ton, dan memberikan penghasilan mencapai 300 juta setiap panen tiba.

Fakta ini menunjukkan bahwa, sektor pertanian tidak kalah menjanjikan dibandingkan dengan pekerjaan lain yang dianggap lebih bergengsi. Seperti pegawai bank, guru, atau juga pekerja di sektor kesehatan. Mengingat, hasil pertanian tidak akan pernah berhenti untuk mendapatkan permintaan dari konsumen sepanjang masa. Sehingga, selama manusia itu ada, maka sektor pertanian akan tetap mampu memberikan pendapatan yang menjanjikan.

Kini komoditas rempah-rempahnya sudah mencapai benua Eropa. Ke depannya, Adi berencana untuk memperluas pasar ekspornya. Selain bisnisnya yang kini beromzet ratusan juta rupiah, ia juga mendapatkan penghargaan Wirausaha Muda Berprestasi pada tahun 2014 dari Kemenpora.

Leave a Response