Cerita Sukses Petani Lengkuas yang Layak Dijadikan Inspirasi

cerita sukses agritani

Awal tahun 2013 Adi pun memutuskan untuk beralih ke komoditas lengkuas. Uang dari bisnis singkong, ia alihkan untuk modal berbisnis komoditas bumbu dapur tersebut. Dengan modal 40 juta untuk satu hektare lahan lengkuas, Adi bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 90 juta tiap kali panen. Sejak saat itu perusahaannya, C.V. Anugrah Adi Jaya terus berkembang. Kini, tak hanya lengkuas saja, beberapa komoditas rempah lainnya sudah ditanamnya.

Menjadi pengusaha muda yang sukses bukanlah jalan yang mudah bagi Adi Pramudya. Pada akhirnya, jatuh bangun dan usahanya membuahkan hasil. Ia pun berpesan kepada anak-anak muda yang ingin berbisnis bahwa penting untuk bermimpi, berkomitmen, fokus dan tak menyerah.

Bagi Adi bisnis yang digelutinya ini tak hanya memberikan profit finansial bagi dirinya, tapi juga memberikan kontribusi bagi lingkungan sosialnya karena itulah ia mencintai bisnis ini. “Ada buruh tani yang udah berumur 60 tahun bekerja di tempat saya bilang ‘kami sangat berterima kasih Bapak sudah datang ke sini’. Hal yang membuat saya terharu adalah dia setiap malam berdoa untuk saya. Dari situ saya benar-benar mencintai bisnis ini”, ujarnya.

Lalu mengapa harus berbisnis agrobisnis?  anyak orang yang berpikir, mengapa masih ada generasi muda seperti Adi Pramudya yang mau berkutat di bidang yang dianggap kurang bergengsi tersebut. Salah satu alasan dari pemuda asal Pati, Jawa Tengah ini adalah bahwa Indonesia masih memiliki lahan yang sangat luas dan belum dimanfaatkan secara optimal. Selain itu, sektor pertanian belum banyak dikembangkan secara intensif. Sehingga potensi persaingan di sektor tersebut masih sangat sedikit. Apalagi, jenis pertanian untuk rempah-rempah, masih belum banyak yang mengembangkannya dengan sistem yang intensif. Padahal potensi untuk mengembangkan sektor pertanian demikian luas terbuka. Selain masih terbatasnya pelaku usaha pertanian yang mengembangkan secara intensif, luasnya lahan yang masih bisa dikelola juga menjadi salah satu potensi dan keunggulan yang harus dimanfaatkan.

Leave a Response