Rahasia Cara Menanam Tomat dengan Hasil Maksimal

cara menanam tomat

Tomat adalah jenis yang bisa digolongkan ke dalam buah – buahan ataupun sayur – sayuran. Namun dibalik fakta tersebut, tomat memiliki banyak penggemar sehingga komoditas ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Tomat banyak digemari oleh masyarakat secara umum karena khasiatnya juga yang dapat menyembuhkan dan mencegah terjadinya penyakit. Jika anda penasaran dengan buah yang satu in, anda lebih baik mencoba untuk menanamnya. Mengetahui cara menanam tomat dapat memberikan anda sebuah peluang untuk memanfaatkan komoditas yang satu ini. Jika anda tidak keberatan, simak dengan seksama artikel yang satu ini.

Syarat Menanam Tomat dan Varietas Tanaman Tomat

Tomat yang memiliki nama latin  Lycopersicon esculentum L merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini memiliki syarat untuk tumbuh. Syarat – syarat untuk menumbuhkan buat tomat adalah suhu yang digunakan sekitar kurang lebih 270C. Ketinggian yang diperlukan untuk menanam tomat adalah 0 – 1500 m diatas permukaan laut. Dibutuhkan juga curah hujan 750 – 1250 mg per tahun. Jika anda memenuhi prasyarat tersebut, maka anda akan mendapatkan buah tomat yang memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, jika anda berniat untuk menanam tanaman tomat, maka anda harus mempersiapkan semuanya termasuk syarat yang dimiliki oleh komoditas yang satu ini.

cara menanam tomat
pixabay.com

Sebelum menuju ke cara menanam tomat, anda perlu mengenali varietas tomat yang anda akan tanam. Memilih varietas sangat penting karena varietas yang anda pilih akan menghasilkan tomat yang memiliki kualitas yang rendah jika tidak sesuai dengan lahan yang dipersiapkan oleh anda. Terdapat sekitar 400 varietas tanaman tomat yang telah dicatat oleh para peneliti. Varietas tersebut merupakan varietas yang cukup unggul sehingga anda memiliki banyak pilihan agar anda bisa menanamnya. Beberapa contoh varietas yang bisa anda tanam adalah jenis kada, mutiara, berlian, dan lain – lainnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya anda harus menyesuaikan varietas dengan lahan anda sebelum membudidayakan tanaman tomat.

Leave a Response