Inilah Cara Menanam Semangka Untuk Mendapatkan Hasil Berlebih

cara menanam semangka

Semangka adalah buah yang digemari oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan kandungan air yang dimiliki oleh buah yang satu ini. Buah yang satu ini termasuk buah yang berada di keluarga Cucurbitaceae. Berada di keluarga tersebut, semangka termasuk tanaman yang merambat dan memiliki buah yang berbentuk bulat ataupun lonjong. Buah ini cukup segar karena banyaknya air yang terkandung di dalam buah semangka. Jadi jangan heran jika anda akan cukup kerepotan jika anda memakan semangka. Jika anda tertarik, maka anda bisa mengetahui Cara menanam semangka. Jika anda mengetahuinya anda bisa memulai untuk menanamnya dan membuatnya menjadi suatu usaha.

Tanaman semangka memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum membudidayakannya. Syarat menanam semangka yang diperlukan adalah sebagai berikut,

  • Tanaman ini cocok ditanam di tanah yang gembur dan berpasir
  • Suhu yang digunakan sekitar 20 – 30 0C untuk perkecambahan dan 25 – 30 0C untuk penyerbukan dan 20 – 25 0C untuk pertumbuhannya. Sehingga tanaman ini cocok di dataran tinggi.
  • pH ideal yang diperlukan sebesar 6 – 7
  • Tanaman ini cocok di lingkungan dengan curah hujan yang cukup tinggi
  • Tanaman ini sangat cocok jika ditanam di lahan yang tidak memiliki naungan dan terpapar dengan sinar matahari secara langsung.

Jika anda memiliki lahan dengan memenuhi syarat dalam membudidayakan semangka. Maka anda bisa menghasilkan semangka yang memiliki kualitas yang terbaik. Syarat ini juga harus dipenuhi agar semangka dapat tumbuh. Tidak perlu dipenuhi semuanya namun anda harus melakukan syarat yang cukup penting yaitu ditanam di tanah yang gembur berpasir dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Syarat yang dapat dipenuhi merupakan salah satu langkah sebelum mengetahui Cara menanam semangka. Jika anda memahaminya, maka menanam semangka akan lebih mudah dan tidak membuat anda berpusing – pusing ria.

Cara Budidaya Semangka

Jika anda sudah siap dengan syarat yang harus dipenuhi sebelum menanam semangka, maka anda sudah siap untuk mengetahui cara menanam semangka. Caranya tidak terlalu susah karena memiliki beberapa langkah yang perlu anda ikuti. Cara ini bisa anda lakukan atau anda bisa berimprovisasi dan melakukan pengamatan untuk mengetahui cara yang paling efektif untuk menanam semangka. Apa saja yang perlu dilakukan untuk menanam semangka yang menghasilkan panen yang berlimpah. Inilah cara – cara dalam menanam tanaman semangka.

Leave a Response