Inilah Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Hasil Melimpah

cara menanam sawi

Penanaman tanaman sayur sawi hijau

Penyemaian telah dilakukan dan saatnya untuk dipindahkan ke bedengan. Proses ini cukup mudah karena anda tingal memindahkan dengan benar hasil semaian ke bedengan. Berikan jarak antar lubang tanam sejauh 30 cm agar unsur hara yang diambil tidak saling berebut antar tanaman sawi hijau. Penanaman sawi hijau juga perlu memperhatikan karakteristik yang dimiliki oleh sawi hijau. Sehingga anda harus memahami lebih dalam lagi tentang sawi hijau. Lebih baik anda menanamnya di saat pagi hari sehingga saat pertama kali pindah ke bedengan

Pemeliharaan tanaman sayur sawi

Setelah anda tanam, langkah selanjutnya dalam cara menanam sawi adalah perawatan dan pemeliharaan tanaman sayur sawi. Terdapat beberapa cara perawatan saat menanam sayuran sawi hijau. Ini dia cara merawat tanaman sayur sawi hijau.

  • Jika ditanam saat musim hujan maka anda harus sebisa mungkin mengurangi penggunaan air dengan cara mengurangi waktu penyiraman tanaman sayur sawi hijau.
  • Jika ditanam saat musim kemarau, maka anda bisa menyiramnya satu hari sekali. Karena pada dasarnya tanaman ini sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak.
  • Penjarangan dilakukan setelah 10 hari saat sayur sawi telah ditanam. Penjarangan adalah proses pencabutan tanaman yang terlalu dekat dengan sawi.
  • Proses ini dilakukan dengan cara mengganti tanaman yang sakit dengan tanaman yang baru. Hal ini menghindari tanaman lainnya terkena hama yang sama dengan tanaman yang sakit.
  • Penyiangan dapat dilakukan selama 3 kali dalam satu kali tanam.

Itulah beberapa cara merawat tanaman sawi. Anda juga bisa berikan pemupukan lanjut agar sayur sawi hijau anda akan lebih sehat dan berkualitas yang cukup tinggi.

Pemanenan tanaman sawi hijau

Perawatan yang anda berikan akan menghasilkan panen yang baik. Jika anda bisa mendapatkan hasil panen yang baik maka akan meningkatkan penghasilan anda jika dijual. Panen pada tanaman sawi hijau dilakukan saat sawi hijau berumur 40 – 50 hari. Jika anda menanam di lahan satu hektare, anda bisa mendapatkan hasil sawi 1 – 2 ton sawi hijau. Hal ini yang memberikan keuntungan bagi anda saat memilih sawi hijau sebagai lahan bisnis anda.

Inilah beberapa cara menanam sawi hijau yang diberikan untuk anda. Harapannya anda menjadi lebih termotivasi untuk bercocok tanam dengan sayur sawi hijau. Hasil yang diberikan sawi hijau cukup melimpah sehingga bisa menguntungkan bagi keuangan anda. anda bisa juga memodifikasinya dengan menggunakan cara hydroponic untuk menanam sawi jika tidak ada lahan. Selamat mencoba!

Leave a Response