Inilah Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Hasil Melimpah

cara menanam sawi

Pengolahan lahan

Langkah pertama dalam cara menanam sawi hijau adalah pengolahan lahan. Anda sangat perlu memperhatikan lahan karena lahan adalah sumber gizi bagi tanaman. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengolahan lahan ? ini dia beberapa tips untuk anda.

  • Usahakan agar lahan anda bersih dari gulma dan tumbuhan penggangu. Hal ini dikarenakan tanaman sawi hijau membutuhkan sinar matahari yang lebih banyak. Jika ada tanaman lainnya, maka bisa saja tanaman sawi terhalang sinar mataharinya.
  • Penggunaan pupuk organik saat memupuk lahan yang akan digunakan untuk sayur sawi akan menghasilkan sawi yang baik.
  • pH tanah harus stabil, jika masih bersifat asam maka anda bisa memberi lahan anda kapur sehingga tanah kembali ke kondisi yang normal
  • Bedengan dibuat dengan ukuran 1,2 m dan tinggi disesuaikan dengan lahan. Buatlah jarak antar bedengan sekitar kurang lebih 30 cm.

Langkah ini cukup penting karena it anda harus melakukannya dengan baik dan benar. Anda bisa memberikan perawatan pada lahan anda terlebih dulu sebelum digunakan. Lebih baik lagi anda sudah mempersiapkannya sebelum anda menanamnya.

Penyemaian bibit tanaman sayur sawi

Ini adalah tahap kedua untuk cara menanam sawi. Penyemaian tanaman sayur sawi hijau bisa diawali dengan memiliki tempat bibit sawi hijau sebelum dipindahkan ke bedengan. Apa saja yang perlu dilakukan saat penyemaian ? Ini dia beberapa hal yang harus disiapkan oleh anda.

  • Tempat penyemaian bisa ada buat dengan berbagai macam media. Sebagai contoh, anda bisa membuat medianya dengan ukuran 150 x 130 x 100 cm dengan menggunakan babu atau bahan keras lainnya. Kemudian masukan pelapis plastik sebelum diberikan tanah untuk tempat bibi sayur sawi.
  • Tanam bibi sawi dan berikan pupuk agar tanaman sawi bisa tumbuh dalam media yang telah anda buat. Pemupukan dilakukan 2 minggu sekali.
  • Metode ini digunakan untuk pengisian panel semaian ke media semai. Panel semai disimpan kira – kira saat tanam berusia kurang lebih 1 bulan. Proses ini bisa dilakukan jika benih sudah memiliki 2 – 3 helai daun.

Penyemaian juga diperlukan perlakuan yang baik sehinga anda akan menghasilkan bibit – bibit yang unggul setelah hasil semaian sudah memiliki cukup umur kemudian bisa dipindahkan di bedengan yang telah anda sediakan.

Leave a Response