Inilah Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Hasil Melimpah

Sawi hijau adalah sayur yang memiliki banyak penggemar. Jika anda jajan mie ayam atau bakso, maka anda akan sering menemui sayur yang satu ini. Sayur yang memiliki nama latin Brassica sinensis L, cukup menguntungkan untuk dibudidayakan dan dijadikan menjadi sebuah usaha. Lebih mudahnya lagi karena sawi bisa ditanam di dataran rendah atau dataran tinggi. jika anda penasaran, inilah cara menanam sawi hijau untuk anda yang ingin membudidayakannya menjadi sebuah usaha.

Terdapat beberapa keunggulan yang dipunyai oleh sawi hijau yang akan dibudidayakan. Beberapa keuntungan dalam membudidayakan sawi adalah sebagai berikut :

  • Bisa dibudidayakan dimana pun
  • Tidak terlalu bergantung dengan cuaca
  • Mudah dalam penanaman dan perawatan

Keuntungan yang bisa anda dapatkan bisa menjadi nilai tambahan untuk anda yang berencana memiliki kebun sawi hijau untuk usaha anda. Karena tidak ada salahnya jika anda memulai usaha dengan sayur yang satu ini. sayur ini cukup digemari sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi anda. Anda tidak perlu takut, pada artikel ini akan diberikan langkah – langkah untuk menanam sawi hijau yang bisa dijadikan sebagai sumber tambahan dana untuk keluarga anda.

sawi hijau. via faunadanflora

Cara Menanam Sawi Hijau Yang Baik

Berbicara dengan bercocok tanam, semua tanaman memiliki cara yang hampir sama untuk menanamnya. Ada beberapa langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk menanam sayur sawi hijau. Langkah – langkah tersebut harus anda ikuti agar hasil yang anda dapatkan menjadi lebih baik. Menanam sawi yang sembarangan akan menyebabkan hasil sayur sawi yang jelek. Sawi yang jelek bisa jadi terlihat dari kenampakannya atau kandungan gizinya yang rendah karena penanaman dan perawatan yang kurang baik. Oleh karena itu, jika anda penasaran maka inilah cara yang baik untuk menanam sayur sawi. Simak dengan seksama agar langkah yang diberikan untuk anda tidak terlewati satu pun. Selamat membaca.

Pengolahan lahan

Langkah pertama dalam cara menanam sawi hijau adalah pengolahan lahan. Anda sangat perlu memperhatikan lahan karena lahan adalah sumber gizi bagi tanaman. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengolahan lahan ? ini dia beberapa tips untuk anda.

  • Usahakan agar lahan anda bersih dari gulma dan tumbuhan penggangu. Hal ini dikarenakan tanaman sawi hijau membutuhkan sinar matahari yang lebih banyak. Jika ada tanaman lainnya, maka bisa saja tanaman sawi terhalang sinar mataharinya.
  • Penggunaan pupuk organik saat memupuk lahan yang akan digunakan untuk sayur sawi akan menghasilkan sawi yang baik.
  • pH tanah harus stabil, jika masih bersifat asam maka anda bisa memberi lahan anda kapur sehingga tanah kembali ke kondisi yang normal
  • Bedengan dibuat dengan ukuran 1,2 m dan tinggi disesuaikan dengan lahan. Buatlah jarak antar bedengan sekitar kurang lebih 30 cm.

Langkah ini cukup penting karena it anda harus melakukannya dengan baik dan benar. Anda bisa memberikan perawatan pada lahan anda terlebih dulu sebelum digunakan. Lebih baik lagi anda sudah mempersiapkannya sebelum anda menanamnya.

Penyemaian bibit tanaman sayur sawi

Ini adalah tahap kedua untuk cara menanam sawi. Penyemaian tanaman sayur sawi hijau bisa diawali dengan memiliki tempat bibit sawi hijau sebelum dipindahkan ke bedengan. Apa saja yang perlu dilakukan saat penyemaian ? Ini dia beberapa hal yang harus disiapkan oleh anda.

  • Tempat penyemaian bisa ada buat dengan berbagai macam media. Sebagai contoh, anda bisa membuat medianya dengan ukuran 150 x 130 x 100 cm dengan menggunakan babu atau bahan keras lainnya. Kemudian masukan pelapis plastik sebelum diberikan tanah untuk tempat bibi sayur sawi.
  • Tanam bibi sawi dan berikan pupuk agar tanaman sawi bisa tumbuh dalam media yang telah anda buat. Pemupukan dilakukan 2 minggu sekali.
  • Metode ini digunakan untuk pengisian panel semaian ke media semai. Panel semai disimpan kira – kira saat tanam berusia kurang lebih 1 bulan. Proses ini bisa dilakukan jika benih sudah memiliki 2 – 3 helai daun.

Penyemaian juga diperlukan perlakuan yang baik sehinga anda akan menghasilkan bibit – bibit yang unggul setelah hasil semaian sudah memiliki cukup umur kemudian bisa dipindahkan di bedengan yang telah anda sediakan.

Penanaman tanaman sayur sawi hijau

Penyemaian telah dilakukan dan saatnya untuk dipindahkan ke bedengan. Proses ini cukup mudah karena anda tingal memindahkan dengan benar hasil semaian ke bedengan. Berikan jarak antar lubang tanam sejauh 30 cm agar unsur hara yang diambil tidak saling berebut antar tanaman sawi hijau. Penanaman sawi hijau juga perlu memperhatikan karakteristik yang dimiliki oleh sawi hijau. Sehingga anda harus memahami lebih dalam lagi tentang sawi hijau. Lebih baik anda menanamnya di saat pagi hari sehingga saat pertama kali pindah ke bedengan

Pemeliharaan tanaman sayur sawi

Setelah anda tanam, langkah selanjutnya dalam cara menanam sawi adalah perawatan dan pemeliharaan tanaman sayur sawi. Terdapat beberapa cara perawatan saat menanam sayuran sawi hijau. Ini dia cara merawat tanaman sayur sawi hijau.

  • Jika ditanam saat musim hujan maka anda harus sebisa mungkin mengurangi penggunaan air dengan cara mengurangi waktu penyiraman tanaman sayur sawi hijau.
  • Jika ditanam saat musim kemarau, maka anda bisa menyiramnya satu hari sekali. Karena pada dasarnya tanaman ini sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak.
  • Penjarangan dilakukan setelah 10 hari saat sayur sawi telah ditanam. Penjarangan adalah proses pencabutan tanaman yang terlalu dekat dengan sawi.
  • Proses ini dilakukan dengan cara mengganti tanaman yang sakit dengan tanaman yang baru. Hal ini menghindari tanaman lainnya terkena hama yang sama dengan tanaman yang sakit.
  • Penyiangan dapat dilakukan selama 3 kali dalam satu kali tanam.

Itulah beberapa cara merawat tanaman sawi. Anda juga bisa berikan pemupukan lanjut agar sayur sawi hijau anda akan lebih sehat dan berkualitas yang cukup tinggi.

Pemanenan tanaman sawi hijau

Perawatan yang anda berikan akan menghasilkan panen yang baik. Jika anda bisa mendapatkan hasil panen yang baik maka akan meningkatkan penghasilan anda jika dijual. Panen pada tanaman sawi hijau dilakukan saat sawi hijau berumur 40 – 50 hari. Jika anda menanam di lahan satu hektare, anda bisa mendapatkan hasil sawi 1 – 2 ton sawi hijau. Hal ini yang memberikan keuntungan bagi anda saat memilih sawi hijau sebagai lahan bisnis anda.

Inilah beberapa cara menanam sawi hijau yang diberikan untuk anda. Harapannya anda menjadi lebih termotivasi untuk bercocok tanam dengan sayur sawi hijau. Hasil yang diberikan sawi hijau cukup melimpah sehingga bisa menguntungkan bagi keuangan anda. anda bisa juga memodifikasinya dengan menggunakan cara hydroponic untuk menanam sawi jika tidak ada lahan. Selamat mencoba!

share on:

Leave a Response