14 Strategi Pemasaran Agribisnis Pertanian

strategi pemasaran agribisnis

Jangan lupakan juga untuk melakukan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan sektor agribisnis. Lakukan strategi ini dengan mendasarkan pada potensi perkembangan, kawasan kerjasama ekonomi dan juga peta perkembangan komoditas agribisnis.

13. Kembangkan Infrastruktur Agribisnis

Semakin baik infrastruktur dalam aktivitas agribisnis maka semakin baik pula pemasarannya. Maka dari itu para pelaku agribisnis harus bisa menciptakan pengembangan infrastruktur seperti jaringan jalan dan transportasi (laut, darat, sungai dan udara), pelabuhan domestik, pelabuhan ekspor, jaringan listrik, air dan lain-lain.

14. Menerapkan Kebijaksanaan Terpadu Pengembangan

Terakhir, strategi untuk mewujudkan pemasaran agribisnis pertanian yang baik adalah dengan menerapkan beberapa kebijaksanaan terpadu pengembangan yang terdiri dari hal-hal berikut ini, yaitu :

  • Jalankan kebijaksanaan pengembangan produksi dan produktivitas di tingkat perusahaan.
  • Untuk pengembangan seluruh aktivitas usaha sejenis, terapkan juga kebijaksanaan tingkat sektoral.
  • Ciptakan keterkaitan yang mengatur beberapa sektor agribisnis dengan sebuah kebijaksanaan pada tingkat sistem agribisnis.
  • Terakhir, buat dan jalankan kebijaksanaan ekonomi makro dalam industri agribisnis yang mampu mengatur seluruh bentuk kegiatan perekonomian agribisnis langsung maupun tidak langsung.

Demikianlah penjelasan mengenai strategi pemasaran dan pengembangan agribisnis pertanian  dimana setiap poin yang ada harus benar-benar dijalankan dengan baik dan efektif. Tidak lupa juga untuk mensukseskan strategi ini semua pihak yang terlibat dalam industri agribisnis, dari pihak petani hingga pembuat kebijakan agribisnis (pemerintah) harus bersama-sama berjuang dan bergerak mewujudkannya.

3 Comments

  1. Kami menyediakan produk pertanian jagung, cabai, pisang, laos dll.
    Produk langsung dari petani sehingga masih fresh dan terjamin kualitasnya, bisa PO maupun datang langsung ke tempat kami.
    Silahkan hubungi :085708735772

    *nb: jagung dan pisang ulin tersedia dalam jumlah melimpah.

Leave a Response